Mengahasah Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Bermental Wirausaha

Feb 02, 2018

Mengahasah Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian bermental Berwirausaha

Foto : Pelatihan Bakery di Gandum Mas Kediri

Berwirausaha merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap mahasiswa, terutama mereka yang sudah beranjak dewasa seperti para mahasiswa yang ada di Akademi Komunitas Negeri Madiun. Wirausaha merupakan solusi yang bisa membuat mahasiswa berubah menjadi seorang pebisnis dengan penghasilan yang tidak terbatas. Dengan menanamkan jiwa berwirausaha dan memfasilitasi pelatihan ketrampilan diharapkan dapat menjadi solusi mahasiswa untuk memiliki usaha serta mendapatkan penghasilan sendiri dengan berwirausaha.

Pelatihan yang diadakan Program studi Teknologi Hasil Pertanian dengan mengadakan pelatihan ketrampilan dalam membuat bakery di Gandum Mas Kediri diharapkan mahasiswa mempunyai skil dalam dalam dunia bakery, yang kedepannya akan di aplikasikan mahasiswa melalui wirausaha. Pada pelatihan ini juga diajarkan ilmu berwirausaha dalam dunia bakery, seperti yang dikemukakan oleh owner Gandum Mas Kediri Ir. Novan Setiono , pada dasarnya berwirausaha itu akan terwujud dari niat mahasiswa itu sendiri, jadi alasan modal atau yang lainnya tidak jadi masalah, adapun modal dan fasilitas lainnya kalo kita tidak ada niat berwirausahapun tidak akan terwujud.

Pada pelatihan yang dilakukan di Gandum Mas Kediri mahasiswa di tempa dengan berbagai ilmu Bakery baik secara teori maupun teknis mulai dari ilmu bahan, praktik pengolahan, kerja alat serta penyajian. Disamping mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian, pelatihan juga diikuti oleh staf pengajar yang ada di prodi Teknologi Hasil Pertanian, yang diharapkan mampu menambah skil dan ketrampilan pada setiap pengajar di prodi Teknologi Hasil Pertanian. Seperti yang di kemukakan Kepala Prodi Teknologi Hasil Pertanian Eny Muzayana, S.TP Dosen juga harus memiliki skil dan ketrampilan yang berlebih dan baik, karena kampus Aknema merupakan kampus dengan program pendidikan vokasi yang sistem pembelajarannya 30% teori 70% praktek.  

Dengan pelatihan yang diadakan ini nantinya dapat merubah mindset mahasiswa setelah mereka lulus dari kuliah, mereka tidak hanya terpaku pada satu tujuan saja yakni mencari pekerjaan sebagai pegawai dan bersaing dengan begitu banyak orang tetapi dengan mendirikan wirausaha yang mandiri.

 

Penulis : Clysna Wydhiatmoko, S.Si., M.M

© 2014 Akademi Komunitas Madiun. All rights reserved.