OSMARU ANGKATAN V, DIBUKA LANGSUNG OLEH DIREKTUR AKNEMA Bpk. SODIK HERY PURNOMO

Sep 18, 2017

‌       Tantangan abad 21 harus dijawab dengan generasi berkualitas. Hal itu pula yang menjadi fokus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Madiun dalam membekali mahasiswa baru atau maba mereka. Skill atau keterampilan, ilmu pengetahuan serta kerjasama tim (teamwork) menjadi bekal dasar untuk mencetak lulusan berdaya saing tersebut. "Langkah pertama yang kami lakukan yakni dengan mengenalkan maba ini dengan lingkungan kampus," kata Sekertaris Bidang Kemahasiswaan AKN Madiun Wiwin Triawandari.

‌        Orientasi Mahasiswa Baru atau Omaba, kata Wiwin dilaksanakan selama dua hari. Yakni, pada 8-9 September 2017. Melalui kegiatan itu, maba dikenalkan dengan lingkungan kampus mulai dari materi kelas hingga luar kampus. Untuk materi kelas, maba menerima informasi terkait mata kuliah serta aturan selama kuliah dikampus tersebut. "Sedangkan acara diluar kampus kegiatan kami fokuskan di Alun-alun Mejayan," ujarnya


‌      Di alun-alun, lanjut Wiwin maba dikenalkan dengan materi karakter, bela negara serta persiapan Baris Berbaris (PBB). Kegiatan tersebut melibatkan instruktur dari anggota Koramil Wonoasri. Omaba kali ini mengambil tema Mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Profesional dan Berjiwa Wirausaha. "Harapannya, kedepan kampus ini bisa menjadi perguruan tinggi yang unggul di Kabupaten Madiun sekaligus mampu menjawab tantangan global," terangnya.


‌        Berdiri sejak 2013, AKN Madiun memiliki tiga bidng Program Studi. Yakni Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Mekatronika, Teknik Informatika. kedepan, mahasiswa diharapkan mampu mencari solusi penanganan paska panen hasil pertanian lokal. Selain, itu mahasiswa siap bekerja sesuai bidang masing-masing. "Ini Omaba untuk mahasiswa angkatan ke -V," paparnya.


‌Dalam kegiatan itu, turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun Sodik Hery Purnomo. Kepada maba, Sodik berpesan agar belajar dengan baik dan mau aktif berkegiatan. Sehingga, nantinya mereka mampu mencari solusi dalam nenyelesaikan permasalahan di dunia kerja. Paling tidak, masalah bisa teratasi dengan tiga cara. Mereka harus memiliki skill atau kemampuan, ilmu dan teamwork. "Komunikasi yang baik juga bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan suatu permasalahan," tegasnya.

© 2014 Akademi Komunitas Madiun. All rights reserved.