Tentang Akademi Komunitas Madiun

Terwujudnya Perguruan Tinggi Negeri di Kabupaten Madiun sangat diidam-idamkan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Madiun, demikian juga dengan Pemerintah Kabupaten Madiun. Hasrat yang tinggi dari pemerintah Kabupaten Madiun dibuktikan dengan diterbitkannya Peraturan Daerah Nomor 2/2009 tentang Politeknik di Kabupaten Madiun.

Keinginan Pemerintah Kabupaten Madiun sangat beralasan karena dibandingkan dengan Kabupaten/Kota di sekitarnya hanya Kabupaten Madiun yang belum memiliki Perguruan Tinggi.

Pendirian Perguruan Tinggi di Kabupaten Madiun diawali dengan dibukanya Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) yang telah diresmikan oleh Bapak Bupati Muhtarom, S.Sos pada tahun 2011. Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) merupakan embrio dari pendirian Perguruan Tinggi di Kabupaten Madiun. Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) berdiri dibawah Perguran Tinggi pembina yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) di Kabupaten Madiun membuka jalur Diploma Satu dengan Program Studi Teknik Informatika. Pelaksanaan perkuliahan Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) di Kabupaten Madiun diadakan sore hari di SMK Negeri 1 Wonoasri. Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) Kabupaten Madiun telah berhasil meluluskan dua angkatan mahasiswa.

Pada tahun 2013, Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) tidak menerima pendaftaran mahasiswa baru dan telah digantikan oleh Program Studi Diluar Domisili (PDD). Program Studi Diluar Domisili (PDD) adalah jalur rintisan sebelum terbentuknya Akademi Komunitas. Program Studi Diluar Domisili (PDD) diresmikan pada tahun 2013 dibawah binaan Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan penanggung jawab Bapak Sudarman, S.Pd., M.KPd.

Program Studi Diluar Domisili (PDD) nantinya akan mandiri dan berubah nama menjadi Akademi Komunitas Kabupaten Madiun yang merupakan pendidikan vokasi yang berbasis pada keunggulan lokal dalam berbagai bidang ilmu.

© 2014 Akademi Komunitas Madiun. All rights reserved.